Ga Ada Bukti Ponsel Menyebabkan Kanker Otak

27 06 2010

New York – Sebuah studi baru dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menguji hubungan antara penggunaan ponsel dan risiko kanker otak, dengan menggunakan data yang mencakup 13 negara, menyimpulkan sejauh ini tidak ada bukti bahwa penggunaan telepon selular menyebabkan kanker otak: Namun para peneliti mendesak dilakukan studi lebih lanjut, terutama karena data untuk penelitian ini tidak mencerminkan kondisi saat ini yang penggunaan ponsel jauh lebih tinggi dari sebelumnya. Begitu juga penelitian ini tidak mengkaji risiko terhadap pengguna muda.

Penelitian ini dipublikasikan oleh jurnal internasional Epidemiologi, yang dikoordinasi oleh Badan Penelitian Kanker Internasional (IARC) WHO. Dr Christopher Wild, Direktur IARC, kepada pers mengatakan bahwa meskipun studi ini tidak menunjukkan peningkatan risiko kanker otak atas penggunaan ponsel, kita harus terus melakukan studi lebih lanjut mengingat adanya keprihatinan terkait perubahan pola penggunaan, khususnya di kalangan kaum muda.

Kepemilikan dan penggunaan ponsel telah meningkat pesat sejak awal 1980-an, ketika pertama kali muncul di pasar, dan ini memicu kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kesehatan dan penelitian harus dilakukan.

Dalam informasi latar belakang mereka, para peneliti menulis bahwa penyebab kekhawatiran adalah frekuensi radio elektromagnetik yang dipancarkan telepon.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: