Kebiasaan Buruk Jadikan 12 Tahun Lebih Tua

23 05 2010

Jakarta – Kombinasi empat kebiasaan buruk seperti merokok, banyak minum, kurang olahraga, kurang diet dapat menyebabkan seseorang tampak 12 tahun lebih tua. Ini adalah hasil penelitian terbaru.

Temuan ini adalah bagian dari sebuah studi yang diikuti hampir 5.000 orang dewasa Inggris selama 20 tahun, dan mereka menekankan lagi alasan mengikuti gaya hidup sehat.

Secara keseluruhan dari 314 orang melakukan empat kebiasaan buruk tersebut. Di antaranya 91 meninggal dunia selama penelitian atau 29%. Sebanyak 387 orang hidup sehat tetapi melakukan salah satu kebiasaan tersebut, hasilnya hanya 32 orang yang meninggal dunia atau 8%.

Perilaku berisiko seperti merokok, lebih dari tiga hari meminum alkohol untuk pria dan lebih dari dua hari untuk wanita, berolahraga dua jam tiap minggu. dan memakan buah-buahan serta sedikit sayur-mayur tiga kali sehari.

“Kebiasaan ini dikombinasikan secara substansial meningkatkan risiko kematian dan membuat orang 12 tahun lebih tua dibandingkan dengan kelompok sehat,” kata Elisabeth Kvaavik dari Universitas Oslo yang memipin penelitian ini.

Studi ini dilaporkan dalam Archives of Internal Medicine, Senin. Kelompok itu memiliki kebiasaan lebih sehat tidak merokok dan masuk orang yang berhenti minum alkohol, wanita yang minum alkohol kurang dari dua kali sehari, orang yang memiliki aktifitas fisik paling tidak 2 jam dan orang yang makan buah dan sayuran paling tidak tiga kali sehari.

“Itu tidak perlu ekstrem untuk menjadi lebih sehat. Perilaku ini menambahkan, sehingga bersama-sama melakukan kebiasaan yang bagus. Apakah ada kemungkinan banyak orang berhasil melakukannya,” kata Kvaavik.

Sebagai contoh dalam penelitian ini disebutkan, satu wortel, satu buah apel dan segelas air jeruk akan mencukupi kebutuhan buah dan sayuran. Kata Kvaavik, menu ini cukup secerhana dan jauh lebih sedikit dari pedoman yang ketat.

Pemerintah merekomendasikan untuk minum empat gelas sari buah dan sayuran setiap hari untuk orang dewasa, tergantung dari usia, dan berolahraga sekitar 1,5 jam tiap minggu.

Peserta penelitian sekitar 4.886 orang dewasa Ingris berusia 18 tahun atau lebih, dan rata-rata berusia 44 tahun. Mereka dipilih secara acak dari peserta survei kesehatan secara nasional di Inggris. Mereka ditanya tentang kebiasaan satu gaya hidup dan keterbatasan potensi. Walaupun di masa dewasa suatu kebiasaan akan cenderung stabil.

“Kami memeriksa sertifikat kematian untuk 20 tahun ke depan. Penyebab kematian paling umum termasuk penyakit jantung dan kanker, baik yang berkaitan dengan gaya hidup sehat. Hasil usaha tersebut berlaku untuk negara-negara Barat lainnya, termasuk Amerika Serikat,” kata Kvaavik.

Juni Stevens, seorang peneliti kesehatan masyarakat dari Universitas North Carolina, mengatakan, hasil ini sesuai dengan penelitian sebelumnya yang menguji efek gabungan dari kebiasaan yang terkait dengan kesehatan untuk umur panjang.

“Temuan tidak berarti bahwa semua orang yang mempertahankan gaya hidup sehat hidup lebih lama daripada mereka yang tidak, tetapi akan meningkatkan peluang berusia panjang,” kata Stevens. [mor]

inilah.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: