Telinga Tersumbat Bisa Sembuh dengan Semprotan Bakteri

11 04 2010

Gothenburg, Sumbatan oleh cairan di telinga atau dikenal dengan istilah glue ear sering dialami anak kecil dan kadang-kadang butuh operasi untuk mengatasi. Kini dengan semprotan hidung yang mengandung bakteri tidak perlu lagi ke meja operasi.

Dikutip dari ScienceDaily, Minggu (11/4/2010) penemuan ini hasil penelitian Susann Skovbjerg, mahasiswa doktoral di University of Gothenburg, Swedia. Ia meneliti 60 anak dengan glue ear, yang dibagi menjadi 3 kelompok.

Kelompok pertama diberi semprot hidung yang mengandung bakteri Streptococcus. Kelompok kedua mendapatkan Lactobacillus, sedangkan kelompok terakhir sebagai kontrol diberi semprotan kosong atau plasebo.

“Sepertiga anak dari kelompok pertama kondisinya menjadi lebih baik, bahkan sembuh sama sekali. Sementara dari kelompok ketiga, hanya 1 anak yang sembuh. Sedangkan perlakuan dengan Lactobacillus juga kurang efektif,” ungkap Skovbjerg.

Skovbjerg punya dugaan atas temuan ini. Pemberian bakteri Strptococcus melalui semprotan hidung menurutnya telah menstimulasi sistem imun. Tubuh bereaksi mengatasi radang dan menghambat sekresi lendir.

Penelitian terdahulu telah membuktikan, penyemprotan bakteri juga efektif untuk mengatasi infeksi tenggorokan dan infeksi telinga akut pada anak.

Namun Skovbjerg menilai, butuh penelitian lebih lanjut untuk melihat apa sesungguhnya yang terjadi saat anak-anak itu disemprot bakteri.

Glue ear atau dalam istilah medis disebut secretory otitis media (SOM) adalah kondisi rongga telinga terisi cairan, biasanya muncul ketika terjadi infeksi.

Dalam jangka panjang, kondisi ini memicu gangguan pendengaran. Meski jarang, ini juga bisa memicu kerusakan permanen pada gendang telinga.

sumber: detikhealth


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: