VITAMIN A

20 03 2010

Vitamin A merupakan zat gizi esensial yang bermanfaat untuk penglihatan, reproduksi, pertumbuhan, diferensiasi epitheliumdan sekresi lender/ getah. Sumber utama Vitamin A adalah pigmen karotenoid ( umumnya β karetin) dan retinil ester dari hewan. Senyawa ini diubah menjadi retinol dan diesterifikasi dengan asam lemak rantai panjang. Hasil dari retinil ester diabsorpsi bersama lemak dan ditransportasikan ke hati untuk di simpan.

Vitamin A berfungsi dalam pertumbuhan terutama menyesuaikan pertumbuhan tulang melalui proses remodeling. Juga berperan dalam aktivitas sel sel dalam tulang rawan epifaseyang harus menjadi suatu siklus pertumbuhan normal, pendewasaan dan degenerasi pertumbuhan tulang normal.
Vitamin A mempunyai peranan penting dalam kesuburan / fertilisasi. Bila dalam keadaan defisiensi vitamin A maka spermatogenesis akan berhenti atau di tahan pada tingkat spermatid ( pada tikus, ayam, dan sapi).
Defisiensi Vitamin A sering di pelajari secara terperinci dibandingnkan vitamin yang lainnya. Vitamin A itu mempunyai peranan penting pada salah satu indra manusia yaitu mata. Mata merupakan jendela kehidupan, jadi menjaga kesehatan mata juga merupakan suatu prioritas utama bagi kita semua. Mata yang sehat ditandai dengan selaput bening mata yang menutupi bagian yang hitam dari mata yang dikenal dengan kornea. Kornea itu jernih transparan, tembus cahaya dan bagian putih mata terlihat putih warnanya. Bagian hitamnya benar – benar hitam. Kelopak matanya dapat menutup dan membuka dengan baik. Bulu matanya teratur dan pertumbuhannya mengarah keluar mata.

Pada defisiensi vitamin A, terjadi Xerosis, yaitu kekeringan khas pada konjungtiva bulbiyang terdapat pada celah kelopak mata. Xerosis disertai dengan penggeseran dan penebalan epitel. Dan pada konjungtiva ini pula terlihat kurang mengkilat. Bila kekeringan ini menggambarkan bercak berwarna seprti mutiara berbentuk seperti segitiga biasanya disebut bercak bitot. Bercak bitot seperti dapat busa diatasnya. Bercak ini tidak dibasahi airmatadan akan terbentuk kembali bila dilakukan debridement. Dugaan bentuk busa tersebut disebabkan oleh bakhteri Corynebakhterium xerosis ( Sidarta llyas,2008).

Vitamin A dapat diperoleh pada ASI, makanan yang berasal dari hewan (susu, daging,ayam,hati,telur), dari sayuran hijua serta buah-buahan yang berwarna merah atau kuning(mangga, papaya). Dalam keadaan yang darurat, dimana makanan sumber alami menjadi sangat terbatas suplementasi kapsul vitamin A menjadi sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Pencegahan kekurangan vitamin A yang lainnya adalah pemberian vitamin A, yaitu:
• Anak usia 1-6 tahun: 200.000 IU/ oral
• Anak usia < 1 tahun atau 6-12 bulan : 100.000 IU/oral
• Anak usia < 6 bulan: 50.000 IU/oral
Bulan Vitamin A adalah bulan Februari dan Agustus

Jika defisiensi disebabkan oleh kekurangan vitamin A ternyata. Kelebihan Vitamin A juga tidak baik. Kelebihan vitamin A atau disebut juga Hipervitaminosis A, merupakan hasil dari konsumsi yang berlebihan dari pro-vitamin A (bukan karotenoid) yang berlangsung lama ( kronis ) atau akut.
Toksisitas akut lebih umum terjadi pada anak – anak, pada umumnya terjadi peningkatana tekanan intracranial yaitu, nausea, vomit,sakit kepala, vertigoiritabilitas, stupor, pontanel bulging( pada bayi), papilledema,dan pseudotumor cerebri (pembesaran tumor otak)

Toksisitas kronis menghasilkan gambaran klinis yang aneh yang sering salah diagnosa karena kegagalan untuk memperkirakan kelebihan vitamin A. Hal ini ditunjukkan dengan anoreksia, penurunan berat badan, sakit kepala, pandangan kabur, diplopia, kulit yang kering dan bersisik, alopecia, rambut yang kasar, hepatomegali, spleenomegali, anemia, pertumbuhan tulang yang baru dan perubahan warna gusi.(siti maryam,2005)
Untuk menjaga kesehatan maka seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi zat gizi yang baik itu berasal dari makanan maupun suplemen2, namun harus juga di perhatikan kecukupan zat gizi dalam tubuh. Harus juga diperhatikan apa yang terjadi atau apa mekanisme tubuh jika seseorang itu kekurangan atau apa dampak kelebihan zat gizi tersebut. Tetap sehat supaya hidup kita lebih bermakna.


Actions

Information

One response

31 03 2010
sports nutrition health

terimakasih atas informasi
info tsb sangat bermanfaat skali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: