Pentingnya Air Bagi Tubuh Kita

21 02 2010

Bila tidak makan manusia masih dapat bertahan hidup, Tapi tanpa air manusia rata – rata hanya bisa bertahan sekitar 7 hari. Hmm…betapa pentingnya air bagi tubuh kita, setiap sel yang ada dalam tubuh kita membutuhkan air. Sekitar 75 % tubuh kita didominasi oleh air.
Ada beberapa pertanyaan yang sering di lemparkan oleh masyarakat, di anataranya:
1. Berapa jumlah air yang harus saya minum??
Jawab: a. Bagi anda yang melakukan aktivitas biasa.
Rumusnya : (Kg Berat Badan) x 33ml
b. Bagi anda yang beraktivitas di dalam ruangan berpendingin.
Rumusnya : (Kg Berat Badan )x 45ml
c. bagi anda penggemar olahraga, jumlahnya harus lebih banyak:
(Kg BB) x 48ml
Ingat:
Bagi anda yang mengalami dehidrasi berat, jangan langsung minum air dalam jumlah yang banyak sekaligus. Tapi minumlah secara perlahan namun terus di tingkatkan agar tubuh dapat menyesuaikan diri. Meminum air terlalu banyak juga tidak baik karena mineral baik juga bisa ikut terbuang.

2. Kapan saja waktu yang tepat untuk minum??
Jawab: – Setengah jam sebelum makan
– Dua Jam Setelah makan
– Ketika makan boleh menegak sedikit air untuk sekedar membasahi mulut. Kalau terlalu banyak air bisa mengacaukan pencernaan.

3. Apa yang boleh dan tidak boleh saya minum??
Jawab.
Menurut situs watercure.com, Air minum yang alami adalah yang terbaik. Kalau anda ingin selalu dalam kondisi yang sehat, biasakan minum air putih dalam jumlah yang cukup. Namun, anda tetap boleh minum kopi, teh dll, tapi perlu diketahui walaupun kopi the mengandung air, tapi itu juga mengandung diuretik, akibatnya justru lebih banyak menguras air dari tubuh kita. Untuk itu usahakan setelah minum teh atau kopi hendaklah minum air putih sebanyak 1 atau 2 gelas untuk mengganti air yang telah keluar.

4. apakah saya dehidrasi???
Jawab.
Dikatakan dehidrasi bila:
o Jika sering merasa haus, artinya telah mengalami dehidrasi berat. Rasa haus merupakan indikasi bahwa air dalam tubuh kita sudah berkurang.
o Jika urin alias air seni berwarna bening, artinya kandungan air dalam tubuh sudah cukup, tapi jika urin atau air seni berwarna kuning, artinya telah mengalami dehidrasi ringan. Jika urin berwarna gelap berarti sudah mengalami dehidrasi berat.
o Kulit kering dan rasa lelah bisa juga menjadi sinyal bahwa sudah mengalami dehidrasi ringan.
o Sterss, sakit kepala, nyeri punggung, alergi, asma tekanan darah tinggi dan penyakit degeneratif lainnya dapat menjadi tanda bahwa sudah mengalami dehidrasi kronis

Sumber : muda dan aktif seumur hidup dan watercure.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: