Rhubarb Panggang Ampuh Melawan Kanker

17 02 2010

INILAH.COM, London – Rhubarb dapat menjadi senjata rahasia ampuh untuk melawan kanker, asalkan saja dipanggang terlebih dulu.

Mengutip situs femalefirst, Senin (15/2), peneliti Sheffield Hallam University, Inggris, belum lama telah menemukan bukti bahwa daun dan batang rhubarb dari Yorkshire Selatan yang dipanggang selama 20 menit mampu menjadi bahan antikimia yang mengobati kanker. Para peneliti menemukan polyphenol bisa membunuh atau mencegah pertumbuhan sel kanker.

Studi pertama tentang manfaat rhubarb, difokuskan mengekplotasinya demi penyembuhan kanker. Sebelumnya, rhubarb yang dijadikan jamu oriental telah diakui bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan itu sudah dikenal sebagai obat tradisional Cina sejak ribuan tahun lalu.

Usai keduanya, sekarang tim peneliti terus berusaha menemukan kombinasi terbaik rhubarb’s polyphenol dan agen kemoterapi yang dibutuhkan untuk membunuh sel-sel leukemia. Hal ini dilakukan karena diyakini sifat rhubarb sangat potensial dijadikan obat.

Dr Nikki dari pusat penelitian biomedis, Universitas Sheffield Hallam mengatakan, “Penelitian kami menunjukkan bahwa rhubarb Inggris merupakan sumber potensial dari agen farmakologis yang dapat digunakan untuk mengembangkan obat antikanker.

Sekadar informasi, rhubarb merupakan tanaman yang kerap menjadi bahan dasar pembuatan puding. Tanaman yang mudah tumbuh di rumah ini, terkenal mengandung racun pada daunnya.

Daunnya mengandung asam korosif itu jika dicampur dengan air dan soda, konsentratnya akan makin tinggi. Tangkainya dapat dimakan (dan sangat lezat) dan akar sudah dipakai selama di atas 5.000 tahun sebagai obat pencahar. [mor]


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: