5 Penyebab Matinya Sperma

21 02 2010

Jakarta, Sekitar 30 persen masalah ketidaksuburan pasangan suami istri disebabkan oleh kualitas sperma. Ada banyak hal yang menyebabkan gangguan kesuburan sperma itu, tapi ada 5 hal yang ikut berperan membuat matinya sperma.

Meskipun laki-laki memproduksi jutaan sperma setiap hari, tapi faktor eksternal dari luar tubuh bisa mempengaruhi kualitasnya. Karena sperma memerlukan waktu 75 hari untuk tumbuh menjadi matang.

Seperti dikutip dari Health, Kamis (17/2/2010) ada 5 hal yang bisa membuat sperma laki-laki menjadi mati, yaitu:

1. Suhu terlalu panas (overheating).
Testis manusia tidak dapat berfungsi dengan baik kecuali suhunya lebih dingin dari bagian tubuh lainnya. Jika suhu testis dinaikkan hingga 98 derajat fahrenheit, maka sperma akan berhenti berproduksi.

“Ketika produksinya terganggu, dampak negatifnya bisa berbulan-bulan. Jumlah sperma dapat lebih rendah, kematian sperma dan mempengaruhi morfologi dari sperma itu sendiri,” ujar Paul Shin, MD seorang urologis dari Washington, D.C.

2. Berendam di air panas.
Berendam atau mandi dengan air panas tidak baik untuk testis. Berdasarkan penelitian tahun 2007, berendam selama 30 menit dalam bak air panas dapat menurunkan produksi sperma. Tapi efek negatif ini bersifat reversible (dapat berubah).

Dr Shin menuturkan eksposur air panas bisa berdampak negatif bagi sperma karena membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang.

3. Demam
Kurt Wharton, MD seorang ahli kesuburan menuturkan kondisi seseorang yang terkena demam bisa berdampak pada kualitas spermanya, ini disebabkan suhu badannya yang panas. Menurut studi tahun 2003 didapatkan konsentrasi sperma berkurang hingga 35 persen setelah mengalami demam.

4. Memangku Laptop
Menurut peneliti dari State University of New York di Stony Brook ada hubungan langsung antara penggunaan laptop dengan meningkatnya suhu skrotum hingga 35 derajat celcius di posisi tertentu.

Peningkatan ini akan memiliki efek merugikan pada spermatogenesis (produksi pembentukan gamet jantan). Jadi jika ingin pasangan Anda hamil, sebaiknya letakkan laptop di atas meja jangan dipangku.

5. Penggunaan celana ketat
Dr Wharton menuturkan jika jumlah spermanya rendah, maka celana boxer lebih baik daripada celana ketat. Namun akan memberikan dampak yang kecil jika jumlah spermanya memang sudah normal. Mengenakan celana pendek ketat untuk jangka waktu yang lama merupakan kebiasaan yang buruk

sumber:detikhealth

About these ads

Actions

Information

5 responses

24 02 2010
lhea kind

pertamax

24 02 2010
lhea mirza

mantaplah atul ni……..

24 02 2010
Vandy

Ooh… Ternyata smua penyebabnya adalah panas. Tul bener gak sih buah2an seperti semangka, anggur dan wortel dpt meningkatkan kesuburan sperma pd pria?, gw sih taunya dr koran.

25 02 2010
mariatulqibti

klu wortel iya krn kaya akan vitamin A..mungkin semangka dan anggur juga demikian…alpukat juga bisa….pokoknya makanan/sayuran/buahan yang mengandung asam lemak essensial (ex:ikan), vit. A B C E serta minirel seng dan magnesium…

18 10 2011
In-Dry Dyah

nyemplung kulkas aja kalo gitu ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: